Cara Meminta Secara Sopan dalam Bahasa Inggris menggunakan “I” sebagai Subjek

Cara Meminta Secara Sopan dalam Bahasa Inggris menggunakan “I” sebagai Subjek – Pernahkah kalian meminta seseorang untuk melakukan sesuatu? Jawabannya sudah pasti pernah. Baik disengaja ataupun tidak, pasti kita pernah melakukan hal tersebut terhadap orang yang lebih muda dari kita bahkan kepada orang yang lebih tua. Jika kita ingin meminta sesuatu kepada orang yang lebih muda, kita biasanya mengatakannya dengan biasa saja dan bagaimanakah dengan orang yang lebih tua dari kita? Apakah sama saja? Sudah pasti ada perbedaan antara keduanya.

Cara meminta secara sopan dalam bahasa Inggris disebut juga dengan polite request. Berikut ini adalah contoh meminta secara sopan dengan menggunakan “I” sebagai subjek.
MAY I
a. May I (please) borrow your pen? (bolehkah saya meminjam penamu?)
b. May I (please) water your flowers? (bolehkah saya menyiram bunga-bungamu?)
c. May I (please) play in the beach? (bolehkah saya bermain di pantai?)

COULD I

a. Could I borrow your pen (please)? (bolehkah saya meminjam penamu?)
b. Could I water your flowers (please)? (bolehkah saya menyiram bunga-bungamu?)
c. Could I play in the beach (please)? (bolehkah saya bermain di pantai?)

“May I” dan “Could I” digunakan untuk meminta ijin (request permission). Keduanya sama-sama sopan yaitu untuk meminta ijin secara halus, could memiliki arti saat ini (present) atau yang akan datang (future) bukan arti yang lampau atau lalu.

CAN I

a. Can I borrow your pen (please)? (bisakah saya meminjam penamu?)
b. Can I water your flowers (please)? (bisakah saya menyiram bunga-bungamu?)
c. Can I play in the beach (please)? (bisakah saya bermain di pantai?)

“Can I” biasanya digunakan untuk meminta ijin secara tidak formal (informal), khususnya jika pembicara sedang berbicara kepada seseorang , dia sudah mengetahui dengan baik. “Can I” biasanya tidak sesopan seperti “May I” atau “Could I”.

RESPONSES

Ada beberapa responses (tanggapan) yang biasanya digunakan untuk menjawab permintaan secara halus, yaitu:

a. Certainly (pasti)
b. Yes, certainly (ya, pasti)
c. Of course (tentu)
d. Yes, of course (ya, tentu)
e. Sure (tentu)

Tanggapan diatas adalah tanggapan dalam bentuk informal (tidak formal). Seringkali bentuk tanggapan dari meminta secara halus bisa berupa sebuah tindakan (action), anggukan atau bisa juga dengan menggelengkan kepala atau yang lebih sederhana dengan menggunakan kata “uh-huh”.

MATERI LAINNYA  30 Contoh Kalimat Tanya dalam Bahasa Inggris dan Artinya

CATATAN:
Might juga bisa artinya mungkin. Contohnya, might I borrow your pen? (bolehkah saya meminjam penamu?). “Might I” lebih formal dan sopan. “Might I” lebih sering digunakan daripada “May I” atau “Could I”.