Pengertian dan Contoh Kalimat When dan While

Pengertian dan Contoh Kalimat When dan While- Masih ingat kan tentang singkatan 5W + 1H. 5W + 1H adalah rumus untuk memudahkan kita membuat sebuah pertanyaan dengan menggunakan singkatan tersebut. singkatan tersebut terdiri dari 5W, yaitu what (apa), when (kapan), where (dimana), why (mengapa), who (siapa), dan 1H nya yaitu how (bagaimana).

Tetapi, pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas when sebagai arti kapan tetapi ada arti lain dari when yaitu ketika. Selain when kita juga sering menggunakan while untuk membuat sebuah kalimat. While sendiri memilki arti sementara. Untuk lebih jelasnya tentang when dan while, berikut ini penjelasan tentang penggunaan dan contoh kalimat dari when dan while:

Pengertian dan penggunaan when dan while

When dan While adalah dua kata sambung yang sering digunakan dalam past continuous tense. Keduanya mempunyai arti sama yaitu “Ketika” atau “Pada saat”. Bagaimana membedakannya? Kata “When” digunakan pada saat dua peristiwa terjadi berurutan, sedangkan “While” digunakan jika dua peristiwa terjadi bersamaan. When dan while adalah subordinate conjunction untuk menyatakan hubungan waktu atau sebagai time expression.

When digunakan pada time clause yang aksi di dalamnya (earlier event) terjadi sebelum aksi lainnya dimasa lampau (later event). Pada kondisi ini, when bermakna “immediately after” (segera setelah). Di sini later event hanya terjadi sekali. Pada kondisi lain, when digunakan pada time clause yang jika aksi di dalamnya terjadi maka aksi lainnya (main clause) terjadi pula.

Dalam hal ini aksi di dalam main clause merupakan kebiasaan di masa lampau. Sedangkan while digunakan di dalam time clause yang aksinya sedang berlangsung secara bersamaan dengan aksi yang lain di masa lampau. Time clause seringkali merupakan background activity dari aktivitas pada main clause yang menjadi fokus.

Contoh Penggunaan kalimat when dan while

When

1. I had already eaten when they arrived. (saya telah sedang makan ketika mereka tiba)
2. I was studying when they came. (saya telah sedang belajar ketika mereka datang)
3. I stood under a tree when it began to rain. (saya berdiri di bawah pohon ketika hujan mulai turun)
4. When the time was up, he was entering the room. (ketika waktunya sudah habis, dia telah sedang memasuki ruangan)
5. When the sun set yesterday, we heard that song. (ketika matahari tenggelam kemarin, kita mendengar lagu itu)

MATERI LAINNYA  Pengertian dan Contoh Kalimat Coordinate Conjunction

While

1. While I was studying in one room of our apartment, my roommate was having a party in the other room. (sementara saya sedang belajar di suatu ruangan dari apartemen, teman seruangan saya sedang mengadakan pesta di ruangan lain)
2. While he was sleeping, his father entered the room. (sementara dia sedang tidur, ayahnya masuk ruangannya)
3. I was singing while he was writing. (saya sedang bernyanyi sementara dia sedang menulis)
4. Dany was reading news on TV while his manager was preparing his next schedule. (Dany sedang membaca berita di TV sementara atasannya sedang mempersiapkan jadwal berikutnya)
5. Gina left home very early while Tito was studying at school. (Gina meninggalkan rumah sangat pagi sementara Tito sedang belajar di sekolah)