Contoh Penulisan Text NARRATIVE dalam Bahasa Inggris

Narative Teks

Setiap orang pasti memiliki masa kecil yang sangat menyenangkan. Salah satu contohnya adalah mendengarkan cerita-cerita dongeng yang sering diceritakan oleh ayah atau ibu untuk penghantar tidur. Cerita yang paling kita sukai adalah tentang cerita binatang atau putri yang cantik atau raja zaman dulu. Seringkali, jika ayah atau ibu tidak mendongengkan kita setiap menjelang tidur, maka kita tidak akan bisa tidur dengan nyenyak. Cerita-cerita dongeng yang sering kita dengar sewaktu kita kecil , seperti putri salju, malin kundang, kancil, dan lain sebagainya merupakan salah satu contoh dari teks narrative.

Secara umum, teks narrative adalah teks yang menceritakan tentang peristiwa atau kejadian di masa lampau dan tidak akan bisa di ulang kembali. Tujuan dari teks narrative ini adalah untuk menghibur pembaca/pendengar. Pembaca/ pendengar akan merasa terhibur mendengarkan cerita yang menurut mereka sangat menarik yang terjadi di masa lampau. Mungkin jauh sebelum kita ada di dunia ini, cerita tersebut sudah ada.

Jika kita ingin membuat teks narrative, maka ada beberapa susunan umum (generic structure ) yang harus diperhatikan. Teks narrative terdiri dari empat generic structure, yaitu :

  1. Orientation : Pengenalan secara umum mengenai tokoh, tempat, dan waktu dalam peristiwa tersebut

  2. Complication : Menjelaskan tentang awal mula munculnya sebuah masalah dalam peristiwa ini

  3. Resolution : Pemecahan masalah dari peristiwa yang terjadi. Pemecahan masalah ini bisa berdasarkan dari pembaca atau dari kesimpulan dari cerita tersebut

  4. Coda : Ringkasan dari inti cerita tersebut

Dalam menulis teks narrative, ada beberapa bentuk bahasa (language forms) yang harus diperhatikan, sepeti :

  1. Menggunakan kata kerja process (process verbs) : tell, says, narrates

  2. Menggunakan temporal conjunction (kata sambung) : chronological order

  3. Menggunakan simple past tense

Contoh dari teks narrative :

Earthquake

An unforgettable experience in my life was a magnitude 6,3 earthquake. I was at home with my older sister and younger brother. Suddenly, our apartment started shaking. At first, none of us realized what was happening. Then, my sister yelled, ”Earthquake! Get under something!. I half rolled and half crawled across the room to get under his desk. Meanwhile, my sister was on the kitchen floor.

Loading...
MATERI LAINNYA  Pengertian dan Contoh Greeting Card Dalam Bahasa Inggris