Pengertian dan Contoh Kalimat Dangling Infinitive

Pengertian dan Contoh Kalimat Dangling Infinitive

Pengertian dan Contoh Kalimat Dangling Infinitive – Kata ‘dangling’ mungkin terasa asing di telinga kalian. Apalagi untuk para pemula yang baru saja mempelajari bahasa Inggris. Apa sih yang di maksud “dangling’ infinitive tersebut? Apakah salah satu bagian terpenting dalam bahasa Inggris? Untuk menjawab itu semua, berikut ini adalah penjelasan dan contoh dari kalimat dangling infinitive.

Dangling infinitive adalah infinitive (phrase) yang tidak menerangkan kata apapun atau menerangkan kata yang salah di suatu kalimat. Penyebabnya karena subject yang di gunakan pada suatu kalimat tidak seide dengan modifier  tersebut.

Dangling infinitive umumnya di temukan di awal kalimat ketika sedang “berusaha” menerangkan verb (berfungsi sebagai adverb) yang berada di dalam main clause di depannya. Modifier ini mengakibatkan makna keseluruhan kalimat menjadi janggal.

infinitive phrase (to + verb +/- …), main clause (subject + verb +/- …)

Infinitive dan Dangling Infinitive

Infinitive phrase merupakan modifying phrase tanpa subject yang mengandung aksi. Tugasnya menerangkan verb yang berada pada bagian main clause. Karena verb di main clause dan aksi yang terdapat dalam infinitive phrase berkaitan, seharusnya subject juga sesuai dengan verb yang terdapat dalam frasa tersebut.

Dangling infinitive kerap terjadi pada kalimat yang main clause-nya berupa passive construction dimana pada bentuk tersebut memang memungkinkan subject menjadi tidak jelas.

Solusi Dangling Infinitive

Dangling infinitive dapat di atasi dengan cara antara lain:

  1. Mengganti subject pada main clause sehingga cocok juga dengan modifying phrase-nya.
  2. Mengubah main clause dengan passive construction menjadi active construction dan ditambahkan subject yang cocok.
  3. Menambahkan subject pada infinitive sehingga menjadi clause yang kemudian digabungkan dengan main clause untuk membentuk complex sentence.

Contoh Kalimat Dangling Infinitive :

1. To achieve success in examinations, creating a study plan is important. (Untuk meraih sukses di ujian, membuat rencana belajar itu penting.) Siapa yang meraih sukses di ujian? Creating a study plan? Seharusnya manusia.

Contoh revisi (perbaikan) :

To achieve success in examinations, one must create a study plan.
(Untuk meraih sukses di ujian, seseorang harus membuat rencana belajar.) subject pada main clause diganti.

If one wishes to achieve success in examinations, creating a study plan is important.
(Jika seseorang berharap meraih sukses di ujian, membuat rencana belajar itu penting.) infinitive phrase dijadikan clause.

If one wishes to achieve success in examinations, one must create a study plan.
(Jika seseorang berharap meraih sukses di ujian, seseorang harus membuat rencana belajar)

2. To get the job, experience in sales is needed.
(Untuk mendapatkan pekerjaan tersebut, pengalaman di penjualan di butuhkan.) Main clause menggunakan passive construction. Siapa yang akan mendapatkan pekerjaan? Tentu saja bukan “experience”.

MATERI LAINNYA  Pengertian dan Contoh Kalimat Linking Verb Bahasa Inggris

Contoh revisi :

To get the job, you need to have experience in sales.
(Untuk mendapatkan pekerjaan tersebut, kamu butuh punya pengalaman di penjualan.) Main clause diubah menjadi active construction dan digunakan subject “you”.

To achieve success in examinations, one must create a study plan.
(Untuk meraih sukses di ujian, seseorang harus membuat rencana belajar.) subject pada main clause diganti.

 

Loading...