Pengertian dan Contoh Kalimat Emphatic Do Bahasa Inggris

Pengertian dan Contoh Kalimat Emphatic Do

Pengertian dan Contoh Kalimat Emphatic Do Bahasa Inggris – Apa sih yang di maksud dengan kalimat emphatic do itu? Kalimat ini mungkin terdengar asing di telinga kita atau bahkan kita baru pertama kali mendengarnya. Mungkin tidak dengan ‘do’. Do sering kita gunakan untuk membuat sebuah kalimat dalam bahasa Inggris seperti juga kata kerja bantu yang lain, yaitu does dan did.

Apakah ada hubungan antara ‘do’ dengan kalimat emphatic do. Tentu saja ada. Untuk mengetahui lebih jelas tentang hubungan antara keduanya. Berikut ini pengertian dan contoh dari kalimat emphatic do.

Pengertian Emphatic Do

Emphatic do merupakan suatu bentuk penggunaan dari auxiliary verb atau kata kerja bantu seperti Do/Does/Did untuk membentuk sebuah penekanan pada kalimat. Emphatic do sentence juga di gunakan untuk menunjukan suatu perasaan yang kuat (strong feeling) terhadap tindakan yang di wakili oleh main verb (kata kerja utama).

Emphetic do juga bahkan lebih banyak di gunakan untuk speaking dari pada writing sehingga kalimat ini sering untuk menunjukkan perasaan yang kuat, contohnya saja ketika kita begitu sakit hati terhadap perkataan orang lain dan kita menceritakan hal tersebut kepada teman, maka kita gunakan emphatic do untuk mengekspresikan perasaan tersebut.

Lain halnya apabila kita menulis surat dalam bahasa Inggris dan kemudian kita akan mengungkapkan perasaan rindu yang sangat kuat, maka kita cukup menggunakan very atau so, bukan do.

Contoh Kalimat Emphatic Do

1. I do believe that you come just in time. Not early or late. (Aku sangat yakin bahwa kamu datang tepat pada waktunya. Tidak terburu-buru ataupun terlambat)
2. She does annoy about the accident just now. (Dia sangat jengkel atas kejadian tadi)
3. He does want to proud his parents. (Dia sangat ingin membahagaikan orang tuanya)
4. We believe that you don’t know our secret, but he do know that! (kita percaya bahwa kamu tidak tahu rahasia kita, tetapi kenyataannya kamu sangat tahu)
5. Hai Rahma! I do miss you, how is your life now? (Hai Rahma! aku sangat merindukan mu, bagaimana kehidupan mu sekarang?)
6. My father does agree about my planning. (Ayahku sangat setuju tenatng rencanaku)
7. I do like my mother’s cook. (Aku sangat suka masakan ibuku)
8. Salma does hope he comes in her party. (Salma sangat berharap dia datang ke pestanya)
9. My mother does want go to Makah. (Ibuku sangat ingin pergi ke Mekah)
10. You always rise in my mind. I do disturb about it. (Kamu selalu ada di pikiranku. Aku sangat terganggu tentang ini)

Loading...
MATERI LAINNYA  Daftar dan Contoh Kalimat Transitive Verbs